Di era dunia internet saat ini, kata-kata online sudah tidak asing terdengar ditelinga kita. Hampir semua sektor dan lini kehidupan menjadi online. Termasuk dalam hal pemesanan kamar hotel. Kita bisa melakukannya online melalui perangkat yang terhubung dengan internet. Entah itu ponsel pintar, pc tablet, atau pc desktop.
Semua terasa mudah karena dunia serasa ada dalam genggaman. Informasi bisa diakses selama 24 jam
sehari tanpa ada batas, sehingga memungkinkan bagi calon pengguna jasa untuk mendapatkan informasi yang diinginkan kapan saja.
Selain itu, biasanya harga yang ditawarkan di situs reservasi online ini lebih rendah dibandingkan dengan tarif saat kita memesan langsung ke hotel yang bersangkutan.
Daftar situs reservasi online
Berikut daftar beberapa situs reservasi online yang ada saat ini:
- Pegipegi.com
- Rajakamar.com
- Agoda.com
- Booking.com
- Wego.com
- Kayak.com
- Bookpanorama.com
- Asiarooms.com
- Expedia.com
- Latestays.com
- Dll
Yang perlu diperhatikan saat reservasi online
Bicara tentang kemudahan, tentu saja hal ini terlihat mudah. Namun tetap saja potensi "kesalahan" dalam reservasi online ini ada. Bahkan sering terjadi. Mulai dari tidak terbitnya voucher, perbedaan harga, atau charge kartu kredit yang tidak semestinya oleh pihak OTA (Online Travel Agent).
Untuk menghindari hal-hal tersebut, ada baiknya Anda perhatikan hal-hal berikut:
- Ketik nama situs dengan benar agar anda tidak masuk ke situs yang salah karena biasanya para peretas dunia maya suka membuat situs palsu dengan nama yang mirip. Tujuannya adalah mendapatkan informasi pribadi anda terutama data keuangan anda.
- Pesanlah jauh-jauh hari untuk bisa mendapatkan harga yang bagus dan anda masih punya waktu untuk konfirmasi.
- Cek ulang ke hotel yang bersangkutan bisa melalui e-mail, sms, atau telepon (lokal). Hal ini untuk memastikan bahwa pemesanan kamar atas nama Anda sudah terdaftar di hotel yang Anda maksud. Pastikan periode tinggal dan fasilitas yang anda dapatkan sesuai dengan reservasi anda.
- Konfirmasikan ke pihak OTA jika Anda membatalkan perjalanan. Usahakan jangan dekat dengan tanggal anda pergi. Jika tidak, bisa saja terjadi yang disebut No Show, kondisi dimana tamu tidak datang tetapi akan tetap dikenakan charge oleh hotel karena reservasi anda membuat pihak hotel tidak mampu menjual kamar tersebut kepada pihak lain.
Oke, semoga bermanfaat.
Selamat berjalan-jalan...
No comments:
Post a Comment